Monday, February 9, 2015

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Anda dapat mengambil langkah-langkah atau action saat ini juga untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan serangan jantung. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian bagi pria dan wanita di dunia, lalu bagaimana cara menjaga kesehatan jantung yang baik dan benar?

Untuk membantu mencegah penyakit jantung, Anda dapat:
  • Mengkonsumsi makanan sehat dan tetap aktif atau berloahraga.
  • Perhatikan berat badan Anda.
  • Berhenti merokok dan menjauh dari asap rokok.
  • Kontrol kolesterol dan tekanan darah.
  • Jika Anda minum alkohol, minum hanya dalam jumlah terbatas.
  • Mengambil langkah-langkah untuk mencegah diabetes tipe 2, karena diabetes dapat memicu komplikasi penyakti lain seperti penyakit jantung.
  • Mengelola stres.
Faktor Risiko yang Perlu di Ketahui

Anda berada pada risiko tinggi untuk penyakit jantung jika:
  • Anda seorang wanita di atas usia 55
  • Anda seorang pria di atas usia 45
  • Ayah atau saudara laki-laki memiliki penyakit jantung sebelum usia 55
  • Ibu atau saudara perempuan menderita penyakit jantung sebelum usia 65
Apakah itu penyakit jantung?
Ketika orang berbicara tentang penyakit jantung, mereka biasanya berbicara tentang penyakit jantung koroner (PJK). Yang sering juga disebut sebagai penyakit arteri koroner. Ini adalah jenis yang paling umum dari penyakit jantung.

Ketika seseorang memiliki penyakit jantung koroner, arteri koroner (tabung) yang mengambil darah ke jantung mengalami penyempitan atau terblokir. Hal ini terjadi ketika kolesterol dan lemak material, disebut plak menumpuk di dalam arteri.

Plak ini disebabkan oleh:
  • Lemak dan kolesterol dalam darah
  • Darah tinggi
  • merokok
  • Terlalu banyak gula dalam darah (biasanya karena diabetes)
Ketika plak memblok pembuluh darah arteri, akhirnya darah sulit mengalir ke jantung. Sebuah arteri yang tersumbat dapat menyebabkan nyeri dada atau serangan jantung.

Apa yang dimaksud dengan serangan jantung?
Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung tiba-tiba terblokir. Bagian dari jantung dapat mati jika orang tersebut tidak mendapatkan bantuan dengan cepat.

Tanda-tanda umum serangan jantung meliputi:
  • Nyeri dada (atau perasaan seperti tekanan, meremas, atau kepenuhan)
  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan pada tubuh bagian atas - seperti lengan, punggung, leher, rahang, atau perut bagian atas (di atas pusar)
  • Kesulitan bernapas (saat beristirahat atau sedang aktif)
  • Merasa sakit perut atau muntah
  • Merasa pusing, pusing, atau biasa lelah
  • Keluar keringat dingin
Tidak semua orang yang memiliki serangan jantung akan memiliki semua tanda-tanda.

Jangan abaikan perubahan dalam kesehatan Anda.
Tanda-tanda serangan jantung sering datang secara tiba-tiba. Tapi kadang-kadang, mereka berkembang secara perlahan lahan, selama berminggu-minggu sebelum serangan jantung terjadi.

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda merasa lelah selama beberapa hari, atau jika masalah kesehatan lainnya (seperti rasa sakit atau kesulitan bernapas) mengganggu Anda lebih dari biasanya.

Jangan mengabaikan tanda-tanda atau merasa malu untuk meminta bantuan. Bertindak cepat dapat menyelamatkan kehidupan. Panggilah ahli medis segera bahkan jika Anda tidak yakin itu adalah serangan jantung.

Ambulans adalah yang terbaik dan paling aman untuk sampai ke rumah sakit. Dalam ambulans, EMT dapat melacak bagaimana Anda lakukan dan mulai perawatan yang menyelamatkan jiwa sesegera mungkin.

Orang-orang yang memanggil ambulans sering diperlakukan lebih cepat di rumah sakit. Dan, jika Anda memanggil 911, operator dapat memberitahu Anda apa yang harus dilakukan sampai ambulans sampai di sana.

Melakukan langkah-langkah untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

Selain dengan menggunakan obat herbal untuk menjaga kesehatan jantung sebaiknya Anda juga perhatikan hal berikut ini.
  1. Tahu Angka Anda - Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan serangan jantung.
  2. Dapatkan kolesterol Anda diperiksa - Pria perlu mendapatkan pemeriksaan kolesterol secara teratur. Wanita pada risiko penyakit jantung juga perlu mendapatkan pemeriksaan kolesterol secara teratur.
  3. Periksa tekanan darah Anda. Mulai usia 18, memeriksa tekanan darah setidaknya dilakukan setahun sekali.
  4. Gunakan alat myhealthfinder untuk mendapatkan rekomendasi skrining lebih didasarkan pada usia dan jenis kelamin.
  5. Tahu riwayat kesehatan keluarga Anda - Sejarah keluarga Anda mempengaruhi risiko penyakit jantung. Gunakan tool riwayat kesehatan keluarga ini untuk melacak kesehatan keluarga Anda.
  6. Berhenti merokok - dapat membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung.
  7. Bicarakan dengan dokter Anda tentang mengambil aspirin setiap hari - Aspirin dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke dengan mencegah pembekuan darah. Bekuan darah dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke jika blok aliran darah ke jantung atau otak.
  8. Makanan sehat - Selalu mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah diet jantung sehat termasuk makanan yang rendah kolesterol, lemak jenuh dan trans, gula, dan sodium (garam). Makanan untuk jantung sehat termasuk makanan tinggi serat (biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran) dan lemak tertentu (seperti lemak dalam minyak zaitun dan ikan).
  9. Perhatikan berat badan Anda - Mengambil langkah-langkah untuk menjaga berat badan Anda. Berat badan berlebih dapat menyebabkan kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes.
  10. Berolahraga - Menjadi aktif dapat membantu mencegah penyakit jantung. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 2 jam dan 30 menit aktivitas aerobik moderat setiap minggu. Ini termasuk berjalan cepat, menari, dan bersepeda.
  11. Batasi Alkohol - Minum alkohol hanya dalam jumlah yang dibatasi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Jika Anda memilih untuk minum alkohol, batasi minum tidak lebih dari 1 gelas sehari untuk wanita dan tidak lebih dari 2 gelas sehari untuk pria.
  12. Kelola stress Anda - Mengelola stres dapat membantu mencegah masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, depresi, dan tekanan darah tinggi.
  13. Obati diabetes Tipe 2 -  Bila Anda memiliki diabetes, ada terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah Anda. Seiring waktu, jika tidak dikontrol, diabetes dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung. Ambillah langkah-langkah untuk mencegah diabetes tipe 2 - seperti makan sehat dan berolahraga - dapat membantu menjaga jantung Anda tetap sehat.

Obat Herbal Jantung Lemah yang Alami

Beberapa ramuan obat herbal jantung lemah yang alamiah

Jika jantung kita sering berbedar sangat kencang atau sering keluar keringat dingin, bisa jadi kita terkena jatung lemah, ada baiknya untuk mencari obat herbal jantung lemah. Obat ini tidak mempunyai efek samping seperti obat-obatan kimia, obat seperti ini juga mudah didapat di sekeliling kita. Salah satunya adalah dengan banyak mengkonsumsi vitamin B, seperti yang terdapat pada kuning telur dan juga wortel. Kita juga dapat mengkonsumsi vitamin E yang terdapat pada susu, daging, tauge dll. Namun ada juga beberapa ramuan obat yang dapat kita buat untuk mengobati jantung lemah.

1.   Bawang putih

obat lemah jantung
Obat jantung lemah herbal yang pertama adalah yang paling mudah di dapatkan yakni bawang putih. Caranya adalah siapkan 1 siung bawang putih, dan makan atau kunyah bawang tersebut sebelum tidur malam. Lakukan cara tersebut setiap 2 hari sekali, dan ketika bangun tidur dan sebelum makan, minum 2 gelas air putih.  Jika dilakukan setiap hari maka penyakit jantung lemah akan segera sembuh.

2.   Takokak

banyak orang yang belum tahu akan buah yang rasanya getir ini. Buah yang biasa digunakan  sebagai sayuran atau bumbu pada daerah tertentu ini ternyata dapat digunakan sebagai obat alami jantung lemah. Cara menggunakan buah takokak ini adalah dengan cara dibuat lalap, atau dimakan mentah setiap hari.

3.   Kunyit

Kita juga dapat menggunakan ramuan dari tanaman kunyit. Caranya adalah parut kuyit sebesar ibu jari,lalu ambil airnya dan tambahkan 3 butir kuning telur ayam kampung. Tambahkan juga 2 sdm madu, aduk hingga rata. Mengkonsumsi ramuan herbal ini sebaiknya dilakukan 1 hari sekali dan dilakukan setiap hari.

4.   Kemangi

Kemangi yang biasanya digunakan sebagai bahan lalapan, ternyata dapat digunakan sebagai obat lemah jantung yang alami. Caranya adalah dengan menumbuk 50 gr biji kemangi, 25 gr akar kemangi, dan 25 gr daun kemangi, tumbuk hingga halus.  Lalu tambahkan air panas secukupnya. Saring ramuan tersebut dan tuangkan ke dalam gelas. Masukkan 20 gr gula aren lalu aduk higga rata. Minum ramuan ini sebaiknya 2 kali dalam sehari, terutama  setiap pagi hari dan sore hari.

5.   Murbei

Buah yang masih termasuk ke dalam jenis berry ini ternyata dapat kita gunakan sebagai obat jantung lemah. Cara membuatnya juga mudah, cukup mengambil beberapa buah murbei yang sudah masak. Lalu cuci bersih dan blender, tambahkan gula secukupnya dan jus buah murbei pun siap untuk kita konsumsi sebagai obat alami untuk jantung lemah.

6.   Daun Yure

Memang tidak banyak yang mengenal daun yang satu ini, namun daun ini dapat kita cari dan kita jadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati lemah jantung. Siapkan 3 lembar daun Yure cuci hingga bersih lalu tumbuk hingga halus. Daun Yure yang sudah halus kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian aduk rata, dan dinginkan. Setelah dingin, kemudian langsung diminum. Tetapi ada yang harus kita perhatikan, sebenarnya tanaman ini adalah jenis tanaman beracun, ketika kita mengkonsumsi tanaman ini sebaiknya perhatikan dosis tersebut jangan terlalu berlebihan, dan wanita yang sedang hamil dilarang mengkonsumsi ramuan alamiah ini.

7.   Mengkudu

Buah yang mengandung Scolopetin ini dapat kita jadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan lemah jantung. Cara menggunakan obat ini juga sederhana, 1 buah mengkudu yang telah bersih kemudian diblender, kemudian saring air buah mengkudu tersebut dan tambahkan gula merah atau madu. Mengkonsumsi secara rutin akan membuat jantung berkerja dengan baik.

8. Zaitun

Buah ajaib dari Mediterania ini ternyata merupakan obat jantung paling ampuh yang tersembunyi selama ini. Buah ini mengandung senyawa zaitun hydroxytirosol yang sangat ampuh untuk mengobati jantung lemah dan penyakit jantung lainnya seperti: jantung bengkak, jantung berdebar, dan jantung koroner. Untuk informasi obat herbal jantung lemah yang mengandung zaitun hydroxytirosol silahkan lihat di http://grosiramazonplus.com/obat-herbal-lemah-jantung-ampuh/.

Mempunyai penyakit jantung lemah memang tidak menyenangkan, kita akan sering merasa berdebar, cepat merasa lelah, serta bisa membahayakan jiwa kita. Karena jika tidak diatasi dengan obat herbal lemah jantung, dikhawatirkan akan memperburuk kondisi kesehatan jantung kita.